Monday, September 3, 2012

Alasan lebah membuat kantong madu berbentuk hexagonal

            







Pernahkah anda berfikir bahwa lebah adalah hewan yang cerdas? kenapa saya menyebut lebah adalah hewan yang cerdas, karena lebah adalah arsitektur alam yang paling disiplin. Mereka hidup berkoloni dan memproduksi makanan yang paling sempurna di dunia yaitu madu. Mereka menyimpan madu yang mereka buat didalam kantong berbentuk hexagonal. Tapi pernahkah kita berfikir mengapa mereka membuat kantong berbentuk hexagonal? kenapa tidak kotak atau bulat aja, kan lebih simpel. Mari kita bahas bersama.

Ternyata alasan lebah membuat kantong penyimpanan madu berbentuk hexagonal sangat masuk akal, dengan membentuk kantong berbentuk hexagonal maka antara kantong yang satu dengan kantong yang lain tidak akan ada rongga sisa atau ruang yang tidak terpakai. Mari kita bandingkan bentuk mana yang paaling tepat di gunakan oleh lebah untuk media menyimpan madu
.

Coba anda perhatikan, jika saja lebah membuat kantong penyimpanan madu berbentuk bulat, maka antara kantong yang satu dengan kantong yang lain akan ada ruang yang tersisa atau tidak terpakai (perhatikan gambar). Namun jika kantong di buat berbentuk hexagonal maka antara kantong yang satu dengan kantong yang lain tidak akan ada rongga atau ruang yang tersisa. Coba anda perhatikan gambar di bawah ini.

.

Bagaimana? tidak ada ruang yang tersisa kan? Inilah alasan mengapa lebah memilih membuat kantong madu berbentuk hexagonal. Subahanallah, maha besar Allah SWT, yang memberikan kecerdasan bagi lebah.


Related Post:

0 comments:

Post a Comment