Monday, November 25, 2013

Kenali 10 Penyebab Stroke



Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan anda terserang penyakit stroke :

1. Memiliki riwayat keluarga yang mengidap penyakit stroke.
2. Usia
3. Ras
4. Jenis kelamin
5. Tekanan darah tinggi atau Hipertensi.
6. Kadar kolesterol
7. Penyakit jantung
8. Diabetes
9. Merokok
10. Kebiasaan mengkonsumsi alkohol.

Mari kita bahas satu per satu, penyebab yang pertama adalah karena faktor riwayat keluarga, pasien yang mempunyai anggota keluarga dengan riwayat stroke perlu mewaspadai faktor-faktor yang dapat menyebabkan stroke seperti Hipertensi dan Hiperkolesterol.

Fakta yang keduan mengenai Usia, kebanyakan orang yang terserang stroke adalah pasien yang berumur lebih dari 50 tahun, akan tetapi dengan pola makan yang salah, serta jenis makanan yang ada sekarang tidak menutup kemungkinan stroke bisa menyerang mereka yang usia muda.

Mengenai Ras, berdasarkan penelitian bahwa orang yang bersal dari Ras kulit hitam lebih berpotensi terkena serangan Stroke dibandingkan dengan orang dari Ras kulit putih. Karena Ras kulit Hitam lebih banyak mengkonsumsi garam dibandingkan dengan Ras kulit putih.

Laki-laki lebih berpotensi terkena stroke dibandingkan wanita, bahkan laki-laki tiga kali lipat lebih berpotensi dibanding wanita.

Hipertensi dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada sel-sel endotel pada pembuluh darah melalui mekanisme perusakan lipid dibawah otot polos. Karena itu sangat penting mempertahankan tekanan darah dalam keadaan normal untuk menurunkan resiko terjadinya serangan stroke.

Kolesterol dapat menyebabkan plak dalam pembuluh darah sehingg dapat menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah. Penyumbatan pembuluh darah arteri di otak oleh gumpalan (trombosis) merupakan penyebab stroke paling umum. Bagian otak yang disuplay oleh pembuluh darah yang tersumbat itu kemudian kekurangan darah dan oksigen. Akibatnya sebagian sel-sel otak mati dan sel otak yang mengendalikan tubuh itu berhenti bekerja. Maka dari itu hati-hatilah dalam mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol.





Jantung adalah organ tubuh yang berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh, itu artinya jantung sebagai pusat aliran darah ditubuh manusia. Jika pusat pengaturan darah mengalami kerusakan maka aliran darah ke seluruh tubuh mengalami gangguan, termasuk aliran darah menuju otak. Gangguan aliran darah tersebut dapat mematikan jaringan otak secara mendadak ataupun bertahap.

Diabetes Melitus atau kencing manis dapat mengakibatkan stroke. Hal ini dikarenakan penderita diabetes pada umumnya memiliki pembuluh darah lebih kaku atau tidak lentur.

Orang yang merokok 4 kali lipat lebih berpotensi terkena serangan stroke dari pada mereka yang tidak merokok. Karena Merokok dapat menyebabkan penyempitan atau pengerasan pembuluh arteri diseluruh tubuh (termasuk yang ada di otak dan jantung)

Resiko Kebiasaan mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan tekanan darah.

Sumber : www.rejosarihusada.com

Related Post:

0 comments:

Post a Comment