Friday, February 3, 2012

Mengenai Rangking Alexa

Apa sih rangking alexa itu? pertanyaan itu sering sekali saya dengar dari teman-teman di sekitar saya, oleh karena itu saya posting saja ke blog saya ini. Tujuan saya agar semuanya tahu apa sih sebenarnya alexa rank itu? dan semoga bisa juga membantu teman-teman yang lain yang lagi nyari-nyari artikel tentang alexa rank.
Pada awalnya saya juga tidak tahu apa itu alexa, tetapi karena saya tertarik ingin ikut program PPC, saya jadi kenal yang namanya alexa rank. Kebanyakan website-website penyedian jasa periklanan (website tempat daftar PPC) sangat memperhitungkan peringkat alexa dari blog yang akan ikut bergabung. Kenapa? karena alexa rank cukup akurat dalam mengukur seberapa banyak pengunjung blog yang mau berkabung tersebut.

Jika saya boleh membuat definisi sendiri, intinya Alexa rank atau peringkat alexa adalah sbuah peringkat website/blog yang dibuat oleh alexa.com.
Bagaimana alexa.com bisa membuat peringkat sebuah website/blog ?
Alexa.com mengumpulkan dan menyimpan data informasi mengenai banyaknya jumlah pengunjung dan pageview sebuah blog/website melalui toolsbar alexa yang telah terinstall di browser pengguna internet.
Seberapa penting Alexa rank itu ?
Karena saya berkeinginan mencari penghasilan melalui blog, maka alexa rank ini sangat penting bagi saya, kenapa? Karena banyak website tempat mencari uang di internet menjadikan rangking alexa sebagai tolak ukur seberapa populernya website/blog kita. Bagaiman dengan anda ? ya semuakembali ke diri masing-masing, apakah kita akan menjadikan blog kita untuk mencari penghasilan tambahan, atau hanya untuk sekedar share pengetahuan/ pengalaman saja.

Seberapa akurat alexa.com dalam mengukur jumlah pengunjung sebuah website/blog ?
Menurut saya sih, kurang akurat, karena penghitungan baik jumlah pengunjung maupun pageview yang terhitung hanya yang menggunakan toolsbar alexa saja. Sedangkan pengunjung yang berkunjung tidak memakai / melalui toolsbar alexa tidak di hitung.

Related Post:

0 comments:

Post a Comment